Terapung, Melayang Dan Tenggelam | Santri Al Wafi Praktek Sains

Berita 08 September 2020 Penulis : Ailsa Fulvia

Al – Wafi, February, 08-2019

Terapung, Melayang dan Tenggelam

Pernahkah terpikir oleh kita, mengapa kapal laut yang beratnya ribuan ton dapat mengapung di laut, sedangkan jarum yang jauh lebih kecil tenggelam bila dimasukkan ke dalam air Mengapa juga orang dapat mengapung di laut mati? Meski tidak pandai berenang.

Kapal laut dapat mengapung karena adanya udara di lambung kapal, seperti yang kita tahu massa jenis udara lebih ringan dari massa jenis air Berbahan garam, air dan telur, kami mencoba menyimulasikan peristiwa mengapung, melayang dan tenggelamnya benda di air Telur tenggelam di air tawar.

Kemudian kami tambahkan garam sedikit demi sedkkit hingga telur melayang dan mengapung kami pun menimbang jumlah garam menggunakan timbangan digital, untuk mengetahui berapa gram garam yang dibutuhkan untuk membuat telur malayang dan mengapung dalam 200 ml air Semakin banyak garam membuat telur semakin bergerak ke atas permukaan air, hingga terapung.

Kami pun menyadari ternyata penambahan garam membuat massa jenis air bertambah, hingga membuat telur terapung Sama halnya yang terjadi di laut mati, kadar garam yang tinggi membuat orang mengapung di permukaan laut, Masya Allah.