Unik, Para Assatidz Hadiri Upacara 17 Agustus dengan Menggunakan Kuda

Kegiatan 08 September 2020 Penulis : Ailsa Fulvia

Pesantren Al Wafi – Upacara 17 Agustus 2019 di Al Wafi Islamic Boarding School Kampus B, Depok, Jawabarat.

Berikut isi pembina upacara Ustadz Kartiko Adi Pramono,


MENJADI MERDEKA

Menjadi Merdeka Tidaklah Sederhana

Untuk bisa merdeka Indonesia butuh perjuangan. Ratusan tahun Indonesia mengusahakannya. Ribuan strategi diupayakan, mulai dari greliya sampai serbuan terang- terangan. Jutaan jiwa telah rela menjadi korban agar generasi penerus menikmati kebebasan.

Apa saja yang sudah dan akan kita perjuangan? Apa saja yang sudah dan akan kita usahakan?

.

Menjadi Merdeka Tidaklah Sederhana

Untuk bisa merdeka Indonesia tidak hanya didapatkan dengan melakukan yang biasa-biasa saja. Mereka yang telah berjuang mengerahkan semua yang istimewa. Mulai dari tenaga mereka kuras dan sumbangkan, seluruh harta mereka rela habiskan, kebanggaan dan status berani mereka singkirkan, bahkan nyawa mereka serahkan.

Hal istimewa apa yang telah dan akan kita sumbangkan? Hal istimewa apa saja yang kita telah dan akan rela serahkan? Kebanggaan dan status yang mana yang telah berani kita singkirkan?

.

Menjadi Merdeka Tidaklah Sederhana

.

Dengan kesederhanaan dalam kesabaran, maka kita akan bebas dan merdeka dari rasa enggan men-jalankan kewajiban, bebas dan merdeka dari rasa malas men-jalankan tugas dan amanah yang diberikan, bebas dan merdeka dari keterpaksaan men-jauhi yang tidak diperbolehkan, bebas dan merdeka dari mengingkari kenyataan bahwa kita sekarang di sini, kenyataan bahwa kita memiliki tugas dan peran hari ini, kenyataan bahwa kita punya keadaan seperti sekarang ini, kenyataan bahwa kita punya tantangan yang harus dan penting kita hadapi bersama.

Menjadi Merdeka Tidaklah Sederhana Menjadi Sederhana Kita Merdeka


-------


HSN